Buku Anak yang Terasa Hangat

Saat awal pandemi korona, banyak pihak saling membantu untuk menjaga semua orang betah di rumah saja. Industri hiburan membebaskan akses untuk siapa saja dalam kurun waktu tertentu. Termasuk industri buku. 

Saya menikmati banyak buku gratis, di antaranya pictbook dari Sesame Street. Ada lima belas judul yang saya download. Ini benar-benar keberuntungan. Karena bila dilihat harga satu bukunya di Play Book sampai Rp47.000,00. 

Benar saja, buku-buku bertokoh Elmo ini langsung jadi favorit anak-anak. Setiap mau tidur mereka minta "Baca Elmo!" dengan semangat dan ceria. Beberapa judul di antaranya minta dibacakan lagi, lagi, dan lagi....

Meski berkali-kali membacakan buku yang sama, saya tidak bosan karena ikut merasa terhibur. Contohnya buku Mommy Loves Elmo. Sepanjang cerita terasa kuat rasa kasih sayang Elmo dan ibunya. Lagu yang dinyanyikan ibu Elmo mudah dan menyenangkan untuk dinyanyikan bersama anak-anak. Imajinasi dalam percakapan mereka juga membuat tersenyum hingga setelah buku ditutup. 

Setelah membaca buku Mommy Loves Elmo, saya pun bercermin, kemudian mengevaluasi diri. Bersama anak pertama yang sudah bisa diajak berbincang, kami mengungkapkan perasaan masing-masing. Tentang perasaan sayang juga perasaan sedih atau kecewa yang disebabkan satu sama lain. 

Saya tidak tahu apakah anak-anak suka buku ini karena tokohnya yang lucu, gambarnya bagus, ada lagu yang menyenangkan, atau karena menggambarkan perasaan sayang mereka pada ibunya? Hahaha. Satu hal yang pasti, selama membaca Mommy Loves Elmo hati kami terasa hangat. 



Komentar