Kanaditya: Komunitas Berbagi di Bali

Kanaditya

Keterlibatan saya di Kanaditya berawal dari pertemuan dengan Mbak Debby Lukito. Kami sama-sama anggota Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) regional Bali dan Forum Penulis Bacaan Anak (FPBA). Pertemuan pertama kami dilatarbelakangi oleh proyek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang penulisan buku anak bertema tradisi dan kepercayaan di berbagai daerah se-Indonesia. Melalui FPBA, kami  terpilih untuk menulis cerita anak tentang kebudayaan Bali dan melakukan perjalanan bersama ke Jakarta untuk mengikuti bimbingan teknis. Perjalanan selama dua jam ternyata kami lalui dengan berbicara tanpa henti. Mbak Debby benar-benar sosok yang ramah. Banyak hal yang diceritakannya, termasuk tentang Kanaditya.

Kegiatan bersama anak-anak buruh suwun.

Kanaditya berawal dari kegiatan sosial yang rutin dilakukan Mbak Debby bersama beberapa teman. Saya mendapat kesempatan untuk hadir di salah satu kegiatan rutinnya, yaitu menjadi relawan pengajar bagi anak-anak buruh suwun di Pasar Badung. Kami mengajari anak-anak membaca, menulis, berhitung, berkreasi, menyanyi, dan membaca cerita. Kami juga mengenalkan kebiasaan-kebiasaan kecil seperti cuci tangan dan sikat gigi. Kehadiran kami mungkin tak cukup lama, hanya sekitar dua jam setiap satu atau dua minggu sekali. Meskipun begitu, kami berharap kehadiran yang sebentar itu cukup menghibur dan bermakna bagi mereka.

Selain mengajar anak-anak buruh suwun, Kanaditya juga memiliki kegitan rutin lain. Kunjungan ke bangsal anak di RS Sanglah dilakukan untuk menghibur anak-anak yang harus dirawat inap dalam waktu lama. Selain itu Kanaditya juga memperhatikan anak-anak yatim piatu dan anak-anak berkebutuhan khusus. Sayangnya bermacam kegiatan bermanfaat ini tidak bisa saya ikuti secara langsung karena masih harus membawa anak yang masih balita selama berkegiatan.

Kebersamaan saya bersama Kanaditya terhenti pada tahun 2017, saat harus pindah ke Banyuwangi. Meskipun begitu, saya menyaksikan teman-teman terus bergerak aktif dan Kanaditya pun semakin berkembang pesat. Kini, Kanaditya sudah menjadi organisasi yang resmi, relawan bertambah banyak, jenis kegiatan sosialnya pun semakin beragam. Saya hanya bisa menyampaikan rasa salut pada teman-teman yang berjuang untuk membantu sesama secara berkelanjutan. Hebat!

Kini Kanaditya bisa dihubungi melalui:

Komentar