Buba Si Lebah Muda: Picture Book Pertamaku

Selalu ada langkah pertama dalam segala sesuatu. Termasuk menulis buku cerita anak pertamaku.

Picbook ini saya tulis untuk mengikuti lomba Konten Kanal PAUD bidang penulisan buku cerita anak format ebook pada tahun 2016. 

Setelah mengetahui pengumuman lomba, saya langsung mencari hal-hal apa saja yang harus dipelajari anak usia PAUD. Saya pilih fokus bersosialisasi. Pada usia 5 tahun, terjadi perubahan penting dalam kehidupan anak, yakni masuk sekolah untuk pertama kalinya. Ada anak yang sangat antusias untuk masuk sekolah pertama kali, tapi ada juga yang kesulitan karena belum terbiasa untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Sudut pandang seorang anak yang kesulitan berbaur dengan teman sebayanya inilah yang saya ambil. Menggandeng sahabat baik selama kuliah yang jago menggambar, kami pun menyusun kisah tentang Buba, si lebah muda yang sangat pemalu. 

Tidak disangka, karya kami termasuk dalam pemenang juara harapan. Undangan untuk menghadiri acara penghargaan di Jakarta pun datang. Di sana, kami berkumpul dengan para penerima penghargaan lain, Bunda PAUD, pemenang lomba game PAUD, dan anak-anak PAUD berprestasi: penghafal Al-Qur'an, olah raga, penari, dll. 


Seluruh penerima penghargaan bersama Ibu Iriana Jokowi dan Bapak Muhajir Efendi, Menteri Pendidikan.

Hafiz Cilik Indonesia 2015: Neneng

Lebih senang lagi, pengalaman ini membawa saya bertemu dengan penulis-penulis yang sudah lebih lama menggeluti penulisan cerita anak.

Empunya Forum Penulis Bacaan Anak, Paberland: Kang Ali Muakhir



Bukan di event yang sama, tapi jadi sempat bertemu juga dengan
penulis favorit yang saya banyak berguru darinya: Bunda Ary Nilandari

Sebagai sebuah karya pertama, tentu Buba memiliki banyak sekali kekurangan. Sekarang, saat membacanya lagi, rasanya tangan gatal ingin mencoret-coret di bagian ini dan itu. Di sisi lain, saya merasa beruntung karena karya pertama yang penuh dengan kekurangan ini telah mengantarkan saya pada pengalaman yang belum pernah saya bayangkan sebelumnya.

Saat ini, saya lebih ingin mempersembahkan ebook ini agar dapat bermanfaat bagi pembaca. Bisa dibilang, lisensi buku ini telah dibayarkan oleh Dirjen PAUD Kemdikbud. Jadi, pembaca dapat menikmatinya secara gratis di sini:


Komentar